FEB UNDANA SIAP MENYELENGGARAKAN TATAP MUKA TERBATAS

Seiring dengan penurunan angka Covid di Indonesia khususnya daerah NTT maka dari itu Undana siap menyelenggarakan perkuliahan tatap muka terbatas. Berdasarkan hasil Rapat bersama Pimpinan Universitas tanggal 12 Januari 2022 memutuskan bahwa Penyelenggaraan Perkuliahan semester genap dilaksanakan secara Offline dan Online yang disesuaikan dengan matakuliah dan jumlah mahasiswanya. Dalam penyelenggaraan tatap muka terbatas ini, perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus (mahasiswa, dosen,tenaga kependidikan) serta masyarakat sekitarnya.

Informasi terkait Protokol Kesehatan yang harus diterapkan berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Nomor 4 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Tatap Muka yaitu dosen dan mahasiswa diwajibkan sudah menerima vaksin tahap-2, wajib mengenakan masker dan membawa handsanitizer, melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk kelas,batuk dan pilek tidak diperkenankan mengikuti kuliah tatap muka, tiap fakultas wajib menyiapkan SOP dan Tim untuk menerapkan Protokol Kesehatan dan melakukan pengecekan status vaksinasi secara online sebelum memasuki ruangan dan bila terjadi kasus Covid pada unit tertentu wajib melaporkanya kepada pimpinan Fakultas dan Universitas.

Dr. Apriana H.J. Fanggidae, SE.,M.Si selaku Dekan FEB bersama Kabag Umum Zamrud D. Nafie, S.Sos.,M.AP membuka kegiatan tatap muka terbatas

Manfaat perkuliahan tatap muka yang dilakukan secara terbatas tentunya waktu belajar menjadi lebih fleksibel dan daya serap setiap pelajaran menjadi lebih mudah diterima oleh mahasiswa. Pembelajaran tatap muka dianggap lebih efektif karena dosen dan mahasiswa bisa berinteraksi langsung selama proses perkuliahan.            Tujuan dilakukannya perkuliahan tatap muka secara terbatas yaitu untuk menjawab kebutuhan mahasiswa yang mengalami keterbatasan bahkan kesulitan akibat masalah koneksi internet yang kerap dialami selama proses perkuliahan dan sebagainya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana 2022/2026, Dr.Apriana H.J Fanggidae, M.Si dalam wawancaranya mengenai Perkuliahan tatap muka terbatas di FEB. Tanggapan yang diberikan beliau terkait perkuliahan hybrid yang dilaksanakan di FEB dapat memberikan dampak positif baik bagi dosen maupun mahasiswa dengan tetap menaati protokol kesehatan sebelum melakukan perkuliahan tatap muka terbatas. Perkuliahan tatap muka terbatas ini juga tetap memperhatikan rasio dosen dengan mahasiswa setiap prodi agar mahasiswa yang menghadiri perkuliahan tatap muka terbatas di Fakultas Ekonomi dan Bisnis tidak terlalu berekerumun dan melebihi kuota yang seharusnya.

            “Tetap belajar, tetap semangat dan jangan lupa menjaga kesehatan tubuh dengan baik” ujar Ibu Dekan FEB sebagai motivasi bagi mahasiswa yang sedang menjalankan masa peralihan dari kuliah online menuju kuliah offline secara terbatas.

            Beliau juga menegaskan bahwa akan melakukan evaluasi setelah 1 bulan dilaksanakan perkuliahan tatap muka secara terbatas dan diharapkan perkuliahan tatap muka terbatas ini akan berjalan dengan baik apabila dosen dan mahasiswa menaati protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *