Panitia Siap Sukseskan Pemilihan Rektor Undana Periode 2021-2025

Masa bakti Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D segera berakhir tanggal 5 Desember 2021 mendatang. Guru besar Ekonomi Pertanian itu sukses memimpin Undana selama dua periode, yakni 2013-2017 dan 2017-2021. Jelang akhir masa jabatan Rektor Prof. Fred, saat ini panitia pemilihan rektor (pilrek) Undana yang dibentuk siap menyukseskan Pilrek masa bakti 2021-2025.

Ketua Panitia Pilrek Undana, Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/8/2021) menjelaskan, sesuai dengan hasil rapat senat tanggal 5 Juli lalu, maka saat ini panitia tengah melakukan tahapan penjaringan bakal calon (balon) rektor Undana.

Ia menyebut, sosialisasi dan pengumuman penjaringan bakal calon dilakukan sejak tanggal 5 Juli hingga 19 Juli 2021. Dalam rentan waktu tersebut, pada tanggal 12 Juli panitia mulai menerima pendaftaran atau penerimaan berkas, yang berlangsung tanggal 12 hingga 27 Juli secara online.

“Setelah menerima berkas para bakal calon, panitia akan melakukan seleksi administrasi bakal calon rektor tanggal 28 Juli sampai 2 Agustus. Selanjutnya, panitia juga akan melakukan perpanjangan pendaftaran dan seleksi administrasi, jika jumlah bakal calon rektor kurang dari empat orang,” jelas Dosen Matematika FKIP Undana ini.

Dr. Sipri menambahkan, pengumuman hasil penjaringan balon rektor tersebut akan dilakukan tanggal 17 dan 18 Agustus. Sementara penyampaian hasil penjaringan ke Mendikbudristek tanggal 18 sampai 20 Agustus 2021. Beberapa persyaratan calon rektor Undana, jelas Dr. Sipri, diantaranya yakni PNS yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah lektor kepala.

“Memiliki pengalaman manajerial, paling rendah sebagai ketua jurusan/ketua program studi atau sebutan lain yang setara atau ketua lembaga paling singkat dua tahun di perguruan tinggi negeri atau paling rendah sebagai pejabat eselon II/a di lingkungan instansi pemerintah,” ungkapnya.

Persyaratan lain, lanjut Dr. Sipri, yaitu membuat dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) bagi pejabat negara atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam tahap penjaringan, ungkap Dr. Sipri, proses pendaftaran balon rektor dilakukan secara online pada website https://pilrek.undana.ac.id/. Namun demikian, panitia juga menerima berkas berupa hard copy, yang bisa diantar langsung ke ruang panitia, lantai tiga Rektorat Undana.

Meski saat ini, jumlah anggota Senat Undana tercatat sebanyak 53 orang. Namun, Dr. Sipri menyebut, sebanyak 52 anggota senat akan memberikan hak suara kepada para calon rektor pada pemilihan nanti. “Senat ini kan berubah-ubah. Dalam hitungan kami, sebanyak 52 anggota senat akan memberikan hak suara, mengingat ada guru besar atau anggota senat yang akan memasuki masa purna bakti dalam bebeberapa bulan ke depan,” ungkapnya.

Dr. Sipri menjelaskan, tahap penyaringan calon rektor, yakni: Penyerahan dokumen visi, misi dan program kerja balon rektor ke panitia akan dilakukan tanggal 18 sampai 20 Agustus. Sementara pemaparan visi, misi dan program kerja oleh balon rektor tanggal 25 Agustus.

“Pemaparan visi, misi dan program kerja balon rektor ini dilakukan dalam rapat senat terbuka, sehingga boleh dihadiri oleh berbagai unsur, seperti BEM-BLM, dosen dan pihak luar juga ada beberapa yang bisa kita Undang. Itu sehari sebelum dilakukan pemilihan untuk mendapat tiga calon rektor,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ini.

Selain itu, penilaian dan penetapan tiga calon rektor dilakukan pada tangal 26 Agustus dan penyampaian hasil penyaringan tiga calon rektor ke Mendikbudristek beserta dokumen kelengkapannya tanggal 27-31 Agustus 2021. “Sementara, pemilihan rektor akan dilakukan pada bulan Oktober 2021 dan pelantikan rektor pada tanggal 6 bulan Desember 2021, sehari setelah masa jabatan Rektor Prof. Fred berakhir,” pungkas Dr. Sipri sembari berharap, proses pilrek bisa berjalan dengan baik dengan adanya dukungan dari semua civitas akademika Undana.

Untuk mengetahui detail pengumuman pendaftaran, persyaratan, dokumen persyaratan, pemilihan rektor, dan keseluruhan proses pilrek Undana, pembaca bisa mengakses di https://pilrek.undana.ac.id/ (rfl).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *