Pilmapres Undana, Mahasiswa FEB Axl Lubalu Raih Juara Satu

Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tahun 2022. Sebanyak 9 (sembilan) mahasiswa mewakili fakultasnya masing-masing, bersaing ketat memaparkan karya tulis ilmiah atau gagasan kreatif mereka di hadapan dewan juri. Pilmapres tersebut dilaksanakan di Ruang Teater, Rektorat Undana, Senin (27/6/2022). Pantauan Humas Undana, setiap mahasiswa diberi 15 menit memaparkan gagasan kreatif kemudian langsung diberi sanggahan dan masukan oleh tiga orang dewan juri. Setelah 9 mahasiswa memaparkan gagasan kreatif, dewan juri kemudian mengumumkan hasil Pilmapres tersebut.

Hasilnya, juara satu berhasil diraih oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Axl Alanso Lubali dengan judul: “NTTAGE: E-commerce Berbasis Mobile App Android sebagai Wadah Pemasaran dan Pendokumentasian Tenun Khas NTT di Era Digital dalam Mendukung Perwujudan SDGs 2030”. Juara dua diraih oleh mahasiswi Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik (FST), Julieta Bernadita Adelia Radja dengan judul: “Pendekatan Matematika (Teoritik) untuk Menganalisis Relasi antara Korupsi dan Dinamika Penyebaran Penyakit Menular”.

Selanjutnya, juara tiga peroleh mahasiswi Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), Juneartycha Tanesib dengan judul: “Budidaya Tanaman Obat Keluarga (Toga) Berbasis Hidroponik dalam Membangun Kemandirian Pangan Rumah Tangga sebagai upaya Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19”. Sementara, peringkat empat diraih mahasiswa Prodi Kedokteran Hewan, FKKH, Egenius Fernandez Aliandu dengan judul: “Rabies Big Data: Share the Message, Save Life.”

Mahasiswa peraih juara 1-4 foto bersama para dewan juri usai pengumuman hasil Pilmapres di Ruang Teater, Rektorat Undana, Senin (276/2022)

Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc menyatakan, Pilmapres yang dilaksanakan tersebut untuk menjaring mahasiswa berprestasi Undana untuk mengikuti Pilmapres tingkat regional dan nasional. “Jadi setiap fakultas, keterwakilannya satu orang. Pertama,  mereka masukan tulisan dan dinilai dewan juri, setelah itu mereka harus presentasi kemudian dinilai, kemudian dipilih satu yang terbaik mewakili Undana ditingkat regional dan nasional,” ujar Dr. Sipri usai membuka kegiatan Pilmapres di Ruang Teater, Rektorat Undana, Senin (17/6/2022).

Ia menjelaskan, sebelum mahasiswa yang mewakili Undana dikirim untuk mengikuti lomba pada tingkat regional dan nasional, maka mahasiswa tersebut akan dibimbing untuk memperkuat tulisan karya tulis maupun saat pemaparan makalah. “Memang secara umum pembinaan mahasiswa dilakukan kepada semua mahasiswa. Namun, kita harus tahu dulu, siapa mahasiswa berprestasi, kemudian dilakukan pembinaan secara khusus untuk bisa mengikuti lomba pada tingkat regional maupun nasional,” jelas Plt. WR I Bidang Akademik Undana itu. Dr. Sipri juga berharap para peserta Pilmapres bisa menunjukan kemampuan terbaiknya untuk bisa bersaing. Sehingga pada saatnya bisa bersaing pada tingkat regional dan nasional.

Terpisah, pembimbing Axel Lubalu Dr. Rolland E. Fanggidae, MM ketika dimintai komentarnya menyatakan, mahasiswa bimbingannya telah melalui proses seleksi di tingkat fakultas, dan menyisikan beberapa mahasiswa FEB Undana. “Di tingkat fakultas, kami selalu menyelenggarakan seleksi setiap tahunnya, dan para pemenang kami dampingi untuk dapat berprestasi,” ujar Wakil Dekan I FEB itu. Dirinya mengaku, sejak awal sudah melihat potensi mahasiswanya, baik itu secara akademik maupun non akademik. Sehingga ia optimis atas keterlibatan Axl dalam Pilmapres. “Kami sangat optimis melihat prestasi yang dimiliki Axl, dan yakin dia dapat bersaing dengan teman-teman di tingkat regional maupun nasional,” pungkasnya. (rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »