Prodi Manajemen laksanakan Workshop Revisi Kurikulum MBKM

Menjawab tuntutan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan teknologi terkait perubahan kurikulum dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) maka pada Selasa, 26 Juli 2022, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana mengadakan kegiatan Workshop Revisi Kurikulum, dengan tema “Desain dan Implementasi Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.  Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi para Dosen terkait kurikulum MBKM prodi Manajemen yang akan disusun dan juga mendapatkan masukan dari para stakeholder terkait tuntutan dari Dunia Usaha Dunia Industri(DUDI) terhadap lulusan mahasiswa, agar kurikulum yang disusun nanti dapat memberikan mafaat yang maksimal bagi para lulusan agar siap kerja pada DUDI.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Ulil Hartono, M.Si dari Universitas Negeri Surabaya yang juga adalah Ketua Asosiasi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia (APSMBI) dan Dr. Clemens Kollo, MAT selaku staf ahli dalam bidang Kurikulum LP3M Undana. Dalam pemaparan materi, Dr. Clemens Kollo memberikan gambaran tentang program MBKM di Undana dan Sistem Konversi matakuliah serta struktur kurikulum MBKM Undana yang harus diikuti oleh Prodi Manajemen. Selanjutnya materi dari Dr.Ulil lebih kepada best practice tentang Desain dan Implementasi penyusunan kurikulum yang telah diterapkan di Unesa sesuai dengan tuntutan MBKM.

Ki- Ka : Dekan FEB Undana Dr. Apriana H.J. Fanggidae, SE.,M.Si, , dari LP3M Dr. Clemens Kollo, MAT, Dr. Ulil Hartono, M.Si dari Universitas Negeri Surabaya Ketua Asosiasi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia (APSMBI) dan Koordinator Prodi Manajemen Ronald P.C. Fanggidae, SE., MM

Bertempat di Aston Hotel, kegiatan workshop ini Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FEB Undana, Dr. Apriana H.J Fanggidae, SE, M.Si dan diikuti oleh semua Dosen pada Prodi Manajemen, dan juga dihadiri oleh pimpinan Fakultas, perwakilan mahasiswa dan perwakilan alumni Prodi Manajemen serta melibatkan para stakeholder dari Bank BTN, Bank MANDIRI, Kantor OJK Cabang Kupang, Kantor Bea Cukai Kupang dan PT. Diamond Financial.
Adapun bentuk kegiatan pembelajaran dalam MBKM ini diantaranya, Pertukaran Pelajar, Magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, dan Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik. Keterlibatan para stakeholder adalah pada kegiatan Magang atau praktik kerja. Selama ini magang yang dilaksanakan hanya selama 1 bulan, namun dalam program MBKM, magang akan dilaksanakan selama 6 bulan. Untuk itu, Prodi sangat mengharapkan agar para stakeholder dapat menyesuiakan waktu magang ini.

Dekan FEB Undana Dr. Apriana H.J. Fanggidae, SE.,M.Si Membuka Kegiatan Workshop

dapun bentuk kegiatan pembelajaran dalam MBKM ini diantaranya, Pertukaran Pelajar, Magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, dan Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik. Keterlibatan para stakeholder adalah pada kegiatan Magang atau praktik kerja. Selama ini magang yang dilaksanakan hanya selama 1 bulan, namun dalam program MBKM, magang akan dilaksanakan selama 6 bulan. Untuk itu, Prodi sangat mengharapkan agar para stakeholder dapat menyesuiakan waktu magang ini.
Dari hasil diskusi, para stakeholder semuanya menyatakan kesediaannya untuk bermitra bersama Prodi Manajemen dalam program Magang, hanya saja, Prodi perlu memperhatikan syarat yang dibutuhkan oleh stakeholder dan output apa yang diharapkan dari prodi pun harus dijelaskan secara detail sehingga stakeholder dan Prodi memiliki pemahaman yang sama.
Hasil dari kegiatan workshop ini, akan ditindaklanjuti dengan kegiatan penyusunan kurikulum MBKM pada Prodi Manajemen FEB Undana.

Peserta Kegiatan Workshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »