Sejarah FEB

Sejarah Singkat

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Undana berdiri pada tahun 2013 dengan SK Rektor Undana Nomor 316/KL/2013, yang tentunya untuk sampai pada pendirian itu ada perjalanan panjang pendirian FEB dimulai dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai induk dari FEB. Pada waktu itu Dekan FIsip adalah bapak Dr. Jeni Eoh, MS, beliau bercerita tentang ide untuk mendirikan Fakultas Ekonomi yang terus di perjuangkan dalam setiap kesempatan baik secara Formal maupun Informal, sehingga menjadi alasan Penerimaan Dosen dengan gelar Sarjana Ekonomi.

Dimulai pada tahun 1998. Perekrutan dosen Sarjana Ekonomi selalu mengalami kendala dalam hal ketersediaan pendidik. Dalam masa kepemimpinan Prof. Alosius Lilieri, MS diwujudkan dengan pembentukan satgas studi kelayakan untuk pembukaan prodi Akuntansi Ekonomi Pembangunan dan Manajemen. Perjuangan itu terus berlanjut sampai pada masa kepemimpinan Dr. Drs. Frans Gana M.Si. Tahun 2011 keluar ijin operasional dari Dirjen Dikti untuk Prodi Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Prodi Manajemen tidak keluar ijinnya karena kurikulumnya masih sama dengan Prodi Administrasi dan Bisnis. Sehingga pada tahun 2014 tanggal 17 Oktober keluar ijin operasional Prodi Manajemen.

Tahun 2013 merupakan tonggak sejarah perjuangan FEB yang selalu berpindah-pindah lokasi yang tentunya anggota senat yang terhormat mempunyai andil yang sangat besar dalam hal ini. Dimulai dari lokasi Kampus Undana Lama Jln. Soeharto Naikoten I dengan menggunakan beberapa gedung yang masih layak pakai. Kemudian Tahun 2014 berpindah lagi ke Gedung Rektorat Lama Jln. Adisucipto Penfui karena Gedung Undana Lama akan dibangun Rumah Sakit Pendidikan, yang sekarang kita kenal sebagai Klinik Pratama. Tahun 2016 FEB mendapatkan Gedung Baru yang waktu itu bagi kita adalah sangan representative dibandingkan gedung-gedung yang pernah kita tempati. Pencapaian FEB sampai saat ini adalah buah dari kerjasama  team yang solid. FEB sebagai Fakultas termuda di Undana dan di Universitas Negeri yang ada di indonesia.