Siapkan Target Unggul Akreditasi Kriteria 9, Prodi Akuntansi FEB Harus Kerja Keras

Sebelum membahas mengenai persiapan akreditasi prodi, ada baiknya diawali dengan memahami apa itu akreditasi . Akreditasi adalah tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengembangkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS)  4.0 yang  berorientasi pada output dan outcome. Pengukuran mutu lebih dititikberatkan pada aspek proses, output dan outcome, sementara instrumen sebelumnya lebih banyak mengukur aspek input.

Program studi (Prodi) harus bekerja keras mempersiapkan diri untuk akreditasi dengan Kriteria 9 yang jauh  berbeda dengan sebelumnya dengan menggunakan standar 7.

Kriteria 9 tersebut meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran;  tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian;  pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tridharma.


Akreditasi menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.Hasil akreditasi akan menglasifikasi program studi atau perguruan tinggi kedalam nilai C, B, atau A. Nilai ini jadi asset penting dalam penetapan posisi mutu perguruan tinggi atau program studi. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Sebelum penilaian akreditasi, kampus perlu mengisi borang yang disediakan oleh BAN-PT yang bertugas memberikan penilaian. Pengisian borang ini ditujukan untuk mengetahui gambaran riil mengenai keadaan dan kinerja dari perguruan tinggi. Borang program studi mendapatkan nilai paling tinggi yaitu 75%. Evaluasi diri dari program studi mendapat porsi 10% sementara untuk portofolio fakultas atau sekolah tinggi 15%.

Enam bulan sebelum masa akreditasi habis, prodi harus sudah mengajukan ke BAN PT. Untuk itu, paling tidak satu tahun sebelumnya, prodi harus sudah mempersiapkan diri karena pengerjaan borang sangat butuh ketelitian.

“Penyusunan borang dilakukan oleh  kepala program studi (kaprodi) dan dibantu oleh tim. Kaprodi harus terlibat langsung dan  sangat paham isi borang dan proses penyusunannya karena yang utama diwawancarai adalah kaprodi, sementara lainnya adalah membantu”

Persiapan untuk penilaian tersebutlah yang dilakukan sejak tgl 13 September 2021 sampai dengan hari ini. Prodi Akuntansi – FEB Undana sedang mempersiapkan data – data pendukung untuk akreditasi. Persiapan itu dilakukan dengan kerjasama tim Prodi akuntansi dibantu dengan prodi – prodi yang lainnya serta pimpinan fakultas dan beberapa mahasiswa untuk kelancaran persiapan akreditasi prodi.

Sejak awal persiapan ini sudah ada kendala yang dihadapi misalnya persiapan data di system PD Dikti yang perlu dibenahi dan di update kemudian tentang Borang Akreditasi terbaru dengan terapan 9 kriteria berbasis kampus merdeka yang tergolong masih baru sehingga perlu dipelajari dan perlu adanya sinergitas kesiapan data antara PD Dikti dan Prodi,  tapi Puji Tuhan satu persatu dapat terselesaikan dengan cukup baik…ucap ibu Linda Lomi Ga, SE., MSA selaku ketua prodi akuntansi.

Harapannya lewat proses ini prodi akuntansi dapat membenahi dan tetap berharap hasil yang terbaik. Dan semoga dengan kerja keras ini Prodi Akuntansi dapat meraih target unggul dalam akreditasi ini. Semuanya di serahkan pada Tuhan Yang Maha Kuasa ujar beliau. (VFP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *