Undana Penuhi Kriteria Penyelenggara Pelatihan Pekerti dan AA untuk Serdos

Universitas Nusa Cendana (Undana), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan telah memenuhi kriteria sebagai penyelenggara pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA), untuk pemenuhan persyaratan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (Serdos).

Kepastian tersebut diperoleh Undana, melalui surat bernomor 1955/E4/KK.01.01/2021 tanggal 11 Juli yang ditandatangani oleh Direktur Sumber Daya, Ditjen Dikti Mohammad Sofyan Effendi.

Dalam lampiran dua dan tiga, surat dengan perihal Hasil Seleksi Penyelengara Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA), itu menyebut terdapat 57 universitas yang berhak menyelenggara pelatihan Pekerti dan AA, termasuk Undana. Ada Perguruan Tinggi (PT) ternama, diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan lainnya.

Beberapa hal yang ikut disampaikan terkait pelaksanaan pelatihan Pekerti/AA sebagai berikut.

Pertama, Perguruan Tinggi (PT) penyelenggara pelatihan Pekerti/AA menyelenggarakan jenis pelatihan sesuai daftar pada lampiran.

Kedua, PT penyelenggara pelatihan Pekerti/AA agar menyesuaikan standar minimal kurikulum sesuai buku Pedoman Pelaksanaan dan Bahan Ajar Pekerti-AA Tahun 2004.

Ketiga, Instruktur pelatihan Pekerti/AA wajib memiliki sertifikat sebagai instruktur Pekerti/AA.

Keempat, PT penyelenggara pelatihan Pekerti/AA dapat membuka pelatihan Pekerti/AA secara umum kepada dosen dari Perguruan Tinggi lain sebagai peserta. Jika terdapat kerja sama antara Perguruan Tinggi penyelenggara pelatihan Pekerti/AA dengan Perguruan Tinggi lain maka peserta terbatas untuk dosen pada Perguruan Tinggi tersebut.

Kelima, Sertifikat Pekerti/AA diterbitkan oleh Perguruan Tinggi penyelenggara pelatihan Pekerti/AA sebagai bukti keikutsertaan dan kelulusan dosen dalam pelatihan Pekerti/AA.

Keenam, PT penyelenggara pelatihan Pekerti/AA melaporkan data dosen yang telah lulus pelatihan Pekerti/AA kepada Direktorat Sumber Daya melalui aplikasi SISTER.

Ketujuh, Direktorat Sumber Daya secara berkala melakukan monitoring dan evaluasi kepada Perguruan Tinggi penyelenggara pelatihan Pekerti/AA (rfl).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *